Toko Perlengkapan Bayi

Toko Perlengkapan Bayi
Toko Perlengkapan Bayi

Sunday, September 8, 2013

Supaya Anak Tidak Manja

Supaya Anak Tidak Manja. Sifat manja anak juga terjadi dalam hal keinginan untuk selalu dekat dengan orang tua. Tidak jarang anak yang sudah dalam usia sekolah masih selalu berrebut dengan adiknya yang balita untuk mendapatkan belaian dari ibunya.

Merengek, menangis, dan uring-uringan. Reaksi itu bentuk perilaku anak manja saat permintaannya tidak dipenuhi. Bagaimana sikap orangtua menghadapi anak manja?
  1. Orang tua harus mempunyai kemauan untuk tidak lagi memanjakan anak. Perilaku manja salah satunya karena selama ini apa saja yang mereka inginkan selalu dituruti.
  2. Mulailah untuk tidak memanjakan anak dan ajarkan hidup mandiri dari hal-hal yang kecil. Misalnya biasakan anak mengambil baju seragam sendiri, mengambil makan atau minum sendiri.
  3. Tindakan untuk tidak memanjakan anak seharusnya juga dilakukan oleh orang tua atau pengasuh yang lain, tidak hanya oleh satu orang saja.
  4. Komunikasilah dengan anak, bahwa seharusnya untuk usia saat ini mulai mempunyai tanggung jawab. Jelaskan mengenai prioritas, bahwa tidak semua yang diinginkan harus terpenuhi.
  5. Jika anak masih mengabaikan perintah orang tua dengan merengek atau menangis, berikan pengertian bahwa tindakan itu tidak benar. Berikan pelukan dan dukungan untuk menenangkan anak.
Karena itu, kenali 10 tanda perilaku anak di bawah ini, dan segeralah bertindak untuk menanganinya.
  1. Mereka menangis dan berteriak bila ingin sesuatu.
  2. Suka merajuk sambil terlentang di lantai dan tak mau bangun.
  3. Sering marah dan bahkan memukul anda ketika anda menghukumnya
  4. Mengabaikan pertanyaan anda.
  5. Bersikap kasar pada orang dewasa dan anak-anak lainnya.
  6. Menolak berbagi mainan atau perlakuan tertentu dengan anak lainnya.
  7. Suka pamer, dan menjadi pusat perhatian diantara kelompoknya.
  8. Selalu menginginkan yang dimiliki orang lain. Bila telah berhasil memilikinya, mereka selalu menginginkan sesuatu yang baru.
  9. Kamarnya berantakan dan tak mau membereskannya, hingga anda mengalah melakukannya.
  10. Menolak untuk tidur.
Semoga Supaya Anak Tidak Manja ini bermanfaat buat Anda :)

No comments:

Iklan

TV Laptop

Kamera Remote

Headset Wireless