Toko Perlengkapan Bayi

Toko Perlengkapan Bayi
Toko Perlengkapan Bayi

Thursday, January 29, 2009

Konfigurasi Database



Konfigurasi database pada Cake terdapat pada file app/config/database.php. Namun pada instalasi awal Cake tidak terdapat file tersebut, jadi anda harus mengcopy dari file database.php.default. Ubah namanya menjadi database.php saja.Buka file tersebut dengan web editor anda (Dreamweaver, Notepad++, EditPlus, atau yang lain) lihat pada bagian:

var $default = array('driver' => 'mysql',

'connect' => 'mysql_connect',

'host' => 'localhost',

'login' => 'user',

'password' => 'password',

'database' => 'project_name',

'prefix' => '');

Ubah bagian login dan password sesuai setting MySQL anda. Kemudian ‘project_name’ pada database menjadi blogcake seperti yang sudah kita buat tadi.

Catatan untuk variabel ’prefix’ : jika anda memasukkan string ke dalamnya, maka jika anda melakukan query SQL untuk tabel akan mengarah ke prefix_namatabel. Contoh jika anda punya tabel posts seperti di atas, dan ’prefix’=>’blog_’, maka query akan mengarah ke ‘blog_posts’. Sekali anda mendefinisikan prefix, keseluruhan tabel dalam database harus mendapat imbuhan prefix tersebut. Dan untuk tabel HABTM join, anda cukup menambah prefix sekali: blog_categories_posts, bukan blog_categories_blog_posts.

CakePHP mendukung beberapa driver dabatabase berikut:

1. mysql

2. postgres

3. sqlite

4. pear-drivername (contoh pear-mysql)

5. adodb-drivername

Kata kunci 'connect' pada koneksi $default mempersilahkan anda untuk menentukan apakah koneksi akan persistent atau tidak. (Baca komentar pada file database.php untuk menentukan tipe koneksi lebih lanjut). Sementara pada tutorial ini, kita isi dengan ‘mysql_connect’ saja.

Selain itu, tabel dalam database anda juga harus mengikuti konvensi yang digunakan Cake. Memang kelihatannya cukup merepotkan pada mulanya, namun anda cukup percaya saja, kelak anda akan merasakan manfaatnya ketika memulai memaintenance aplikasi web anda, dan anda akan ‘tersihir’ bagaimana Cake dapat menghasilkan aplikasi berskala besar dengan cepatnya jika anda benar-benar mengikuti aturan Cake.Selain itu, anda bisa mendaftarkan aplikasi anda ke komunitas open source Cake. Ok, inilah aturan untuk tabel:

1. Nama tabel biasanya berupa kata jamak/plural dalam bahasa Inggris, seperti “users, posts, polls”. Sebenarnya dalam bahasa Indonesia pun tidak masalah, cukup dengan menambahkan akhiran –s dibelakang nama tabel, contoh: “artikels, divisis, kategories”. Namun untuk Model (ingat konsep MVC-nya) untuk tabel yang bersangkutan nama modelnya berupa kata tunggal.

2. Dalam tabel harus ada primary key bernama ‘id’.

3. Jika ada relasi, gunakan foreign key seperti ‘article_id’. Nama tabel berupa kata tunggal/singular, diikuti underscore, kemudian diakhiri ‘id’.

4. Jika dalam tabel terdapat kolom ‘created’ dan/atau ‘modified’, Cake secara otomatis akan mengisinya sesuai dengan keadaan.

Selain $default dalam database.php, anda juga akan melihat seting $test connection di bawahnya. Silahkan isi sesuka anda dengan aturan sama seperti di atas.

Kalau sudah selesai dan sukses, akan ditampilkan keterangan "Cake is able to connect to the database" seperti gambar diatas.

No comments:

Iklan

TV Laptop

Kamera Remote

Headset Wireless